Perbedaan Antara Budaya dan Masyarakat

Masyarakat tidak lain adalah sekelompok orang yang terorganisir yang hidup bersama dan terhubung satu sama lain. Ini tidak persis sama dengan budaya, yang dapat dipahami sebagai cara hidup orang yang tinggal di tempat atau wilayah tertentu. Setiap masyarakat memiliki budayanya sendiri, tetapi mereka bukanlah hal yang sama. Meskipun, mereka tidak bisa ada tanpa satu sama lain.

scholar.co.id - Budaya memiliki nilai, adat, kepercayaan, dan perilaku sosial tertentu, sedangkan masyarakat mencakup orang-orang yang memiliki kepercayaan, nilai, dan cara hidup yang sama. Artikel ini mencoba menjelaskan perbedaan antara masyarakat dan budaya secara rinci.

Istilah budaya mengacu pada sistem kepercayaan, adat istiadat, pengetahuan, perilaku, agama, praktik, dll., yang umumnya dimiliki oleh sekelompok orang. Ini digambarkan sebagai cara hidup masyarakat seperti perilaku, nilai, moral, seni, hukum, simbol, gaya hidup yang mereka pelajari yang mereka terima sepenuhnya tanpa berpikir dua kali. Secara umum, budaya diturunkan dari generasi ke generasi, melalui komunikasi, pengajaran, dan peniruan. Ini dianggap sebagai warisan sosial dari kelompok yang terorganisir.

Budaya adalah pola tanggapan (berpikir, merasa, berperilaku) yang dikembangkan oleh masyarakat untuk memecahkan masalah yang timbul karena interaksi anggota kelompok dan lingkungan.