Mikologi | Arti, sejarah, dan banyak lagi

Mungkin mengejutkan mengetahui bahwa Mikologi bukanlah bidang yang berkembang. Sebagian besar perguruan tinggi tidak menawarkan program Mikologi, dan tren ini tampaknya tidak berubah. Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia terinfeksi oleh infeksi jamur. Mereka juga menghancurkan sepertiga pasokan pangan dunia! Di sisi lain, banyak jenis jamur yang bermanfaat bagi manusia, termasuk yang kita konsumsi dan manfaatkan sebagai obat.

Mikologi adalah studi tentang jamur, yang meliputi ragi dan jamur. Banyak jamur memiliki kegunaan medis dan industri. Penelitian mikologi telah menghasilkan pengembangan antibiotik seperti penisilin, tetrasiklin, dan obat-obatan lainnya. Mikologi memiliki kegunaan yang signifikan dalam sektor susu, pembuatan anggur, dan pembuatan kue, serta dalam pembuatan pewarna dan tinta. Mikologi Medis adalah studi tentang jamur patogen yang mempengaruhi manusia.

dikutip netsains indonesia Mikologi adalah studi ilmiah jamur, yang merupakan seluruh kerajaan kehidupan. Sama seperti Botani adalah studi tentang tumbuhan, Mikologi adalah studi tentang jamur. Mayoritas komunitas ilmiah mengklasifikasikan ahli mikologi sebagai ahli mikrobiologi. Hingga saat ini, para peneliti telah menemukan sekitar 70.000 spesies jamur.

Para peneliti memperkirakan bahwa ada hingga dua puluh kali lebih banyak spesies jamur di dunia. Ini menunjukkan bahwa ada sekitar 1,5 juta spesies jamur di Bumi. Hanya ada sekitar 350.000 spesies tumbuhan berbunga yang dikenal. Kerajaan jamur sangat besar, namun kita hanya tahu sedikit tentangnya.